Telinga Berdengung Ketika Naik Pesawat? Ini Jawabannya

Pernahkah alat pendengar menjadi berdengung dikala naik pesawat? Kenapa alat pendengar dapat berdengung dikala pesawat akan naik atau turun? Pendengaran berdengung sebab tekanan hawa di lingkungan tak setara supaya terjadi tekanan pada gendang alat pendengar dan jaringan alat pendengar komponen sedang lainnya. Pendengaran yang berdengung bisa terjadi pada permulaan penerbangan dikala pesawat sedang naik atau pada akhir penerbangan dikala pesawat turun. Perubahan ketinggian yang pesat membawa dampak tekanan hawa beralih dan dapat membawa dampak alat pendengar berdengung.

Teling berdengung terhitung disebut bersama dengan arti alat pendengar barotrauma, fasilitas barotritis atau fasilitas aerotitis. Biasanya langkah-langkah yang dilaksanakan untuk kurangi atau menyelesaikan dengungan layaknya menguap, menelan, mengunyah permen karet. Usaha hal yang demikian bisa menghindar atau mengkoreksi perbedaan tekanan hawa dan mengkoreksi dengungan pada alat pendengar.

Bagaimana petunjuk dan tanda-tanda terjadinya dengung pada alat pendengar?
Gangguan alat pendengar dikala berada di dalam pesawat bisa terjadi pada salah satu atau ke-2 alat pendengar. Pertanda dan tanda-tanda terjadinya masalah pada alat pendengar mencakup:

– Muncul rasa tak nyaman atau sakit pada alat pendengar
– Pendengaran menjadi layaknya penuh
– Terjadi masalah pendengaran mudah hingga sedang

Gangguan alat pendengar yang kritis sebab perbedaan tekanan bisa memunculkan gejala:

– Nyeri yang parah
– Gangguan pendengaran sedang sampai berat
– Terjadi dering pada alat pendengar (tinnitus)
– Terjadi sensasi layaknya pusing berputar (vertigo)
– Muntah imbas vertigo
– Terjadi pendarahan pada alat pendengar

Apakah penyebab terjadinya dengung alat pendengar dikala di pesawat?
Dengung pada alat pendengar terjadi sebab tekanan yang tak setara antara alat pendengar sedang dan tekanan hawa lingkungan untuk menghindar gendang alat pendengar bergetar. Komponen alat pendengar yang memegang tekanan hawa ialah tabung eustachius. Tabung eustachius mempunyai salah satu ujung yang membuka ke alat pendengar sedang dan ujung yang lain mempunyai lubang kecil dimana komponen belakang rongga hidung dan komponen atas tenggorokan berjumpa.

Saat sebuah pesawat naik atau turun, tekanan hawa dilingkungan beralih bersama dengan pesat dan tabung eustachius tak jarang tak bereaksi cukup pesat. Menelan atau menguap bisa mengaktifkan otot yang membuka tabung eustachius dan terlalu mungkin alat pendengar sedang untuk isi lagi suplai hawa supaya bisa menyingkirkan tanda-tanda masalah alat pendengar di dalam pesawat.

Apakah elemen yang meningkatkan resiko terjadinya masalah alat pendengar dikala di dalam pesawat?
Tiap-tiap situasi yang menghambat tabung eustachius atau mengontrol fungsinya bisa meningkatkan resiko tejadinya masalah pada alat pendengar. Unsur resiko yang lazimnya meningkatkan terjadinya situasi hal yang demikian ialah:

– Mempunyai tabung esutachius bersama dengan ukuran kecil terutamanya pada bayi dan balita
– Sedang terinfeksi influenza
– Mengalami infeksi sinus
– Mengalami rhinitis
– Mengalami infeksi alat pendengar tengah
– Tidur di pesawat dikala sedang lepas landas atau mendarat
– Bagaimana sistem menyelesaikan masalah alat pendengar dikala dipesawat?

Terdapat sebagian cara yang bisa dilaksanakan untuk meredakan masalah alat pendengar dikala berada dipesawat:

– Menelan
Saat menelan tak jarang terdengar suara klik atau tersedia suara yang kemungkinan didengar adalah gelembung hawa kecil yang sudah bergerak dari belakang hidung ke alat pendengar sedang melewati tabung eustachius. Tabung eustachius yang mempertimbangkan bahwa hawa ditelinga sedang konsisten diisi udara.
– Mengunyah permen karet atau menghisap permen
Mengunyah permen atau mengisap permen bisa menolong menyamakan tekanan udara. Pada bayi, tabung eustachian mempunyai ukuran yang jauh lebih sempit ketimbang orang dewasa supaya pergantian tekanan hawa pada bayi jadi lebih menyiksa. Situasi hal yang demikian bisa dipecahkan bersama dengan mengimbuhkan susu atau permen pada si kecil supaya merekka menjalankan aktifitas menelan. Berkonsultasilah bersama dengan dokter untuk menolong mengimbuhkan obat pereda rasa sakit supaya bisa dipakai salam penerbangan.
Manuver valsava
Langkah ini bisa dilaksanakan bersama dengan menutup mulut dan mencubit hidung. Pelan paksa hawa untuk hingga ke alat pendengar supaya timbul suara “pop”. Langkah ini tak dianjurkan pada orang yang sedang demam atau alergi sebab bisa membawa dampak infeksi alat pendengar yang parah.
Sebagian hal yang harus dikenal untuk bisa menghindar terjadinya masalah dikala penerbangan:

Usahakan untuk tak tidur dikala pesawat lepas landas dan mendarat.
Menjaga keseimbangan cairan selama penerbangan bersama dengan mengonsumsi banyak cairan
Menerapkan sumbat alat pendengar yang dialamatkan selama penerbangan
Menerapkan semprotan hidung 1 jam sebelum saat mendarat dan pantas bersama dengan keperluan. Terlalu tak jarang menerapkan semprotan hidung bisa membawa dampak hidung tersumbat.
Mengonsumsi dekongestan 1 jam sebelum saat lepas landas dan sesudah penerbangan sampai alat pendengar lagi normal.

Sebisa kemungkinan menjauhkan perjalanan bersama dengan menerapkan pesawat dikala sedang sakit flu, alergi, atau hidung buntu. Berkonsultasilah bersama dengan dokter supaya menerima obat untuk menolong menghindar atau menyelesaikan masalah pendengaran.