Rokok Bikin Ratusan Triliun Hangus untuk Biaya Kesehatan

Rokok kerap dikaitkan sebagai biang atas munculnya berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit jantung, kanker, stroke hingga gangguan kesuburan pada wanita. Dalam hal ini, kerugian tersebut diderita dari segi kesehatan. Namun, sebenarnya berapa biaya kesehatan yang keluar akibat rokok?

Beranjak dari pemikiran itu, Kementerian Kesehatan melakukan sebuah penelitian. Selama ini pengobatan untuk sekian penyakit akibat rokok dapat dikatakan cukup tinggi.

“Jika ditotal, kerugian ekonomi pada 2015 untuk biaya kesehatan sebesar Rp596,61 triliun,” ungkap Soewarta Kosen dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI saat presentasi riset mengenai ‘Nilai ekonomi dan kesehatan tembakau di Indonesia’, di Aula Siwabessy, Kemenkes, Jakarta Selatan, Rabu (22/11).

Soewarta menghitung besaran biaya ini berasal dari komponen biaya belanja rokok, Disability Adjusted Life Years (DALYs) atau Hilangnya Tahun Produktif, dan total belanja karena penyakit yang timbul akibat tembakau. Total belanja di sini hanya dihitung dari biaya layanan kesehatan langsung. Soewarta berkata, hitungan ini belum termasuk data mengenai biaya layanan kesehatan tak langsung sehingga data belum dapat digabungkan.